Tips Lolos Interview Kerja Paling Ampuh

by -215 views
tips lolos interview kerja

Setiap orang yang melamar kerja tentu harapannya bisa diterima kerja di tempat yang dilamarnya tersebut. Jika Anda pun demikian, ada baiknya agar Anda cari tahu beberapa tips lolos interview kerja agar potensi tidak diterima ketika melamar kerja dapat diminimalisir.

Apa saja tipsnya?

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi lengkap dan menariknya untuk Anda terkait beberapa tips lolos interview kerja berikut. So, let’s check these out!

Tips Lolos Interview Kerja Paling Ampuh

Sebelum membahas tips agar bisa lolos interview kerja, ada baiknya agar Anda tahu dulu beberapa aspek yang menjadi alasan suatu perusahaan menolak lamaran kerja. Jadi dengan mengetahui alasannya, Anda bisa meminimalisir keteledoran atau kesalahan yang membuat perusahaan tempat Anda melamar kerja memiliki alasan untuk menolak lamaran kerja Anda.

Apa saja alasannya? Baca : 9 Alasan Lamaran Kerja Ditolak, Cek Dulu!

Kalau sudah tahu alasan penolakan lamaran kerja, sekarang waktunya Anda untuk paham juga tips yang bisa dilakukan agar lolos interview kerja. Beberapa tips lolos interview kerja sebagai berikut :

1. Jawab pertanyaan dan bicaralah dengan rasa penuh percaya diri

Hal penting dalam wawancara atau interview kerja adalah menunjukkan rasa percaya diri. Jadi atas pertanyaan yang diajukan pastikan agar Anda bisa menjawabnya dengan yakin.

Akan banyak pertanyaan yang diajukan, salah satunya juga adalah pertanyaan tentang alasan mengapa perusahaan harus menerima Anda. Lantas, apa jawaban yang tepat atas jawaban tersebut? Baca : Strategi Tepat Menjawab Pertanyaan HRD ‘Mengapa Perusahaan Harus Menerima Anda?’

2. Lakukan riset tentang perusahaan

Miliki banyak informasi tentang perusahaan tempat Anda akan diwawancara. Siapkan materi terbaik dan tunjukkan bahwa Anda benar – benar memiliki rasa ketertarikan yang mendalam terhadap perusahaan tersebut.

Selain riset tentang perusahaan, lakukan riset juga tentang posisi dan tugas di posisi yang Anda lamar. Dengan begitu ketika Anda ditanya jawaban Anda sangat menguasai pertanyaan yang dilontarkan.

3. Tunjukkan etika yang baik

Seorang calon karyawan juga penting untuk memperlihatkan etika yang baik ketika diwawancara. Anda perlu menjawab pertanyaan dengan gesture yang tidak merendahkan pewawancara.

Jangan lupa datanglah secara on time. Paling tidak, Anda harus sudah ada di lokasi wawancara 15 menit atau kalau bisa 30 menit sebelum wawancara dimulai. Hal tersebut dapat menjadi nilai plus yang menunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang disiplin.

4. Perhatikan penampilan Anda

Datanglah ke wawancara kerja dengan penampilan profesional. Pakai baju formal yang sopan dan rapi. Pastikan jangan menggunakan pakaian yang terbuka, terlalu pendek atau terlalu panjang yang tidak sesuai dengan apa yang menjadi kultur perusahaan.

Jadi pastikan agar Anda mencari tahu dulu kultur perusahaan seperti apa. Gunakan tatanan rambut, atau sepatu yang sesuai. Perhatikan juga aroma wewangian Anda. Jangan sampai Anda menggunakan parfum yang terlalu menyengat.

5. Bawalah berkas yang diperlukan

Terkadang wawancara kerja dibarengi dengan pengecekan berkas tertentu. Jadi jangan sampai berkas yang penting ada yang tertinggal. Cek sebelum berangkat atau Anda bisa cek di malam hari agar bisa pasti bahwa tak ada barang penting yang harusnya dibawa namun tertinggal.

6. Teruslah latih kemampuan wawancara Anda

Tips lolos interview kerja yang lainnya juga perlu Anda perhatikan adalah kemampuan Anda meyakinkan HRD atau recruiter bahwa Anda adalah orang yang tepat. Latih kemampuan berbicara, dan menjawab pertanyaan Anda.

Upayakan Anda berusaha melatih control nada, emosi dan intonasi yang baik. Jangan pernah menunjukkan bahwa Anda nervous atau gugup ketika diwawancara.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat sampaikan terkait tips lolos interview kerja yang ampuh. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi informasi yang membawa manfaat dan menginspirasi khususnya bagi Anda yang sedang berada dalam fase melamar kerja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *