Tips Sikapi Lamaran Kerja Ditolak, Jangan Emosi Dulu!

by -175 views
Tips Sikapi Lamaran Kerja Ditolak

Lamaran kerja ditolak memang sangat menyakitkan. Apalagi kalau yang menolak lamaran kerja kita adalah perusahaan yang sangat kita impikan. Banyak harapan yang sudah terbumbung agar Anda diterima kerja di sana, hanya saja nasib berkata lain.

Lantas, bagaimana cara yang tepat sikapi lamaran kerja yang ditolak tersebut? Tentunya jangan terbawa emosi ya! Berikut kami akan bagikan beberapa tips sikapi lamaran kerja ditolak yang perlu Anda tahu! Let’s check these out!

Tips Sikapi Lamaran Kerja Ditolak

1. Meminta masukan dan saran

Jika penolakan lamaran kerja disampaikan melalui email, dibandingkan harus mendiamkan email penolakan lamaran kerja yang masuk, ada baiknya Anda meminta saran dan masukan.

Jadi balas email yang masuk tersebut dengan ucapan terima kasih kepada recruiter sekaligus permintaan saran dan masukan tentang apa yang Anda harus perbaiki agar ke depannya ketika melamar di perusahaan lain bisa diterima.

Kalau tidak dibalas tak masalah, namun kalau dibalas dan mendapat masukan tentu bisa dijadikan sebagai bahan Anda mengevaluasi diri dan memperbaiki diri agar lebih baik lagi.

2. Review diri Anda dan perbaiki kekurangan

Setiap perusahaan pasti membutuhkan karyawan terbaik agar bisa bekerja di perusahaannya. Namun tentu bukan berarti Anda sangat buruk karena ditolak atau tidak diterima, melainkan memang mungkin Anda tidak lolos kualifikasi yang ditentukan.

Jadi coba review diri Anda sendiri. Lihat apa saja yang menjadi kekurangan Anda maka perlu untuk segera Anda perbaiki.

3. Tingkatkan kemampuan diri Anda dan kembangkan

Jangan menyerah! Penolakan bukan akhir dari segalanya. Setelah mendapatkan penolakan PR Anda selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan diri Anda dan mengembangkan skill. Buktikan bahwa Anda bisa bangkit setelahnya, bisa mengupgrade diri dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Dengan demikian ketika melamar kerja lagi Anda sudah bisa memposisikan diri Anda lebih baik dari sebelumnya sehingga dapat meminimalisir terjadinya kegagalan kembali.

4. Istirahatkan diri Anda dulu

Setelah mengalami penolakan, ada baiknya Anda beristirahat terlebih dahulu. Eits, istirahat bukan berarti berhenti berjuang ya! Tidak sama sekali. Anda tidak sedang berhenti berjuang. Akan tetapi ini adalah moment dimana Anda perlu menenangkan diri sebelum berjuang kembali.

Introspeksi juga diri Anda di moment beristirahat tersebut. Baru kemudian setelah benar – benar merasa tenang dan tidak ada trauma akibat penolakan yang sebelumnya, Anda bisa melamar kerja lagi.

5. Cek kriteria perusahaan yang akan dilamar

Sebelum mengirim surat lamaran kerja kembali ke sebuah perusahaan, ada baiknya Anda pelajari riwayat perusahaan itu sendiri terlebih dahulu. Jadi jangan tiba – tiba melamar kerja namun tidak memiliki sedikitpun informasi tentang perusahaan tempat Anda akan melamar.

Ibaratnya seseorang yang ingin mengatakan cinta perlu melakukan PDKT terlebih dahulu, itu juga Anda perlu lakukan sebelum melamar kerja. Cek juga kriteria calon pelamar yang dibutuhkan apakah Anda sesuai kualifikasi mereka atau tidak.

Dalam mengirim surat lamaran kerja pastikan juga Anda mengirim surat lamaran kerja yang sopan dan dilengkapi CV (Curiculum Vitae) yang memadai. Mengenai syarat surat lamaran kerja yang baik seperti apa, baca : Syarat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Cek Di Sini Dulu!

Untuk curriculum vitaenya, jika Anda butuh contoh maka baca : Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Melamar Kerja

6. Ingat pepatah gagal sekali bangkit 99 kali

Ya, jangan terlalu terlarut dengan kesedihan karena penolakan sebelumnya. Anda harus mulai semangat dan memiliki mindset bangkit lebih banyak lagi setelah kegagalan diterima. Jadi jika sekali Anda ditolak suatu perusahaan, maka Anda perlu bangkit 99 kali.

Artinya Anda harus berjuang dan bangkit lebih banyak dari penolakan yang Anda dapatkan. Jangan juga memandang kesuksesan atau keberhasilan orang lain secara berlebihan. Fokus saja pada diri Anda dan proses yang Anda sedang jalani.

Atau ingin tahu alasan mengapa seseorang mendapatkan penolakan dari sebuah perusahaan? Mengenai alasan sebuah perusahaan menolak pelamar, baca : 9 Alasan Lamaran Kerja Ditolak, Cek Dulu!

Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini bisa menjadi penambah wawasan untuk Anda. Jangan patah semangat!

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *