Apa itu Direktur? Definisi, Tugas, dan Tanggung Jawab

by -264 views
Tugas direktur

Tugas direktur – Jadi siapa yang dimaksud direktur? Direktur merupakan seseorang dari kelompok manajer di suatu perusahaan yang menempati jabatan tertinggi dan memiliki kewenangan dalam mengawasi tim kerja di bidang tertentu tersebut. Nantinya direktur ini yang akan melaporkan kondisi perusahaan kepada CEO secara langsung.

Peran seorang direktur sangat penting di sebuah perusahaan dan harus mengontrol perusahaan dengan baik agar semua berjalan maksimal, produktif, terarah dan sesuai target perusahaan. Agar lebih jelas, berikut tugas direktur dan tanggung jawabnya!

Tugas Direktur dan Tanggung Jawabnya Lengkap

Seseorang yang lolos kualifikasi dan menjadi seorang direktur, memiliki tugas yang cukup kompleks. Secara umum, tugas direktur bagi sebuah perusahaan meliputi :

  • Mengontrol kinerja karyawan dan melakukan evaluasi terhadap laporan kinerja karyawan di perusahaan
  • Melakukan pengelolaan bisnis dan menyusun strategi bisnis untuk mendorong kemajuan perusahaan
  • Menentukan dan memilih staf penting yang kompeten untuk membantu urusannya dalam memajukan perusahaan
  • Membuat persetujuan atas anggaran belanja perusahaan
  • Mengirim laporan kepada para pemegang saham secara rutin
  • Melakukan pengadaan rapat dengan semua jajaran direksi perusahaan
  • Menerapkan semua aturan dan visi misi perusahaan
  • Bekerjasama dengan semua divisi untuk mewujudkan tujuan perusahaan baik jangka pendek atau jangka panjang

Selain semua tugas direktur di atas, hal yang tak kalah penting diketahui adalah bahwa seorang direktur juga bertanggung jawab penuh terhadap kerugian perusahaan yang disebabkan oleh keteledoran dalam melakukan pengelolaan perusahaan.

Jadi jika seorang direktur tidak menjalankan roda perusahaan sebagaimana mestinya, sesuai aturan, tujuan dan pedoman anggaran dasar perusahaan dan kemudian membuat perusahaan mengalami kerugian maka kerugian tersebut akan ditanggung seorang direktur.

Namun hal tersebut tidak berlaku jika seorang direktur sudah berusaha melakukan peraturan dan kebijakan perusahaan sesuai pedoman kerja dan peraturan hukum yang berlaku. Terkait kebijakan ini, sudah diatur juga dalam Undang – Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas sehingga termasuk sebuah kebijakan yang berpayung hukum.

Gaji Direktur

Hal yang tak kalah menarik juga untuk dibahas adalah berapa sih gaji seorang direktur?

Nah, bagi seorang direktur, mereka akan mendapatkan gaji yang sangat besar. Gajinya sangat menggiurkan namun sebagaimana yang sudah kami sampaikan sebelumnya bahwa tugas direktur dan tanggung jawabnya juga tak kalah besar.

Seorang direktur sebuah perusahaan bisa mendapatkan gaji per bulan di atas 50 juta rupiah untuk perusahaan kelas menengah. Sementara sebagai direktur perusahaan multinasional atau perusahaan super bonafit lainnya bahkan mencapai di atas 100 juta sampai 1 milyar rupiah per bulan.

Dengan pendapatan yang sangat menggiurkan tersebut tentunya banyak orang bertanya – tanya, keahlian apa yang harus dimiliki oleh seorang direktur?

Skill dan Keahlian yang Harus Dimiliki Direktur

Ada cukup banyak skill dan keahlian yang seorang direktur harus miliki, di antaranya :

1. Jiwa leadership atau kepemimpinan

Karena banyak direksi yang harus dipimpin dalam sebuah perusahaan, oleh karena itu seorang direktur wajib untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang mumpuni. Jiwa kepemimpinan ini diperlukan untuk membawahi anggotanya.

2. Skill komunikasi yang baik

Skill komunikasi seorang pemimpin juga harus baik karena skill ini diperlukan untuk berkoordinasi dengan bawahannya, rekan kerja, para pemegang saham, client atau pun pemimpin perusahaan.

Tenang saja, skill komunikasi masih bisa dilatih dan ditingkatkan. Baca : Cara Meningkatkan Skill Komunikasi yang Tepat

3. Kreatif dan inovatif

Sikap kreatif dan inovatif juga harus dimiliki oleh seorang direktur. Mereka harus mampu menciptakan berbagai ide kreatif agar bisa mengembangkan perusahaan dan membawa perusahaan ke arah yang lebih baik.

4. Mampu bekerja dalam tim

Seorang pemimpin perusahaan harus memiliki sikap kerja sama yang baik dan mampu bekerja dalam tim. Seorang direktur harus mampu membina rasa percaya terhadap rekan atau tim agar mereka juga mampu berupaya selalu mengerjakan tugasnya dengan baik.

Pengendalian diri dan pengendalian emosi juga harus dimiliki oleh seorang direktur karena sehari – harinya akan bertemu dengan banyak orang.

5. Berani mencoba

Seorang direktur dalam menjalankan semua tugas direktur yang dibebankan kepadanya harus memiliki sikap tidak takut mencoba hal baru. Misalkan mencoba strategi baru dan sebagainya untuk mendukung kepentingan perusahaan.

Namun memang biasanya seorang direktur dengan gaji tinggi direktur dari orang – orang yang sudah berdedikasi lama untuk perusahaan. Bahkan umurnya cenderung di atas 30 tahun sampai mendekati 40an tahun.

Atau Anda memiliki keinginan menjadi karyawan di pekerjaan lainnya? Baca : Skill yang Harus Dimiliki Untuk Bekerja di Perusahaan Startup

Baca juga : Skill yang Harus Dimiliki Untuk Bekerja di Perusahaan Digital Agency

Demikian informasi yang kami dapat bagikan terkait apa itu direktur, tugas direktur, tanggung jawab dan gajinya. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi informasi yang membawa manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *