7 Cara Menjawab Pertanyaan Tujuan Bekerja di Perusahaan Ini [Valid]

by -758 views
Tujuan Bekerja di Perusahaan

Ada cukup banyak pertanyaan yang biasanya ditanyakan oleh suatu perusahaan melalui HRD ketika mewawancarai calon karyawannya. Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah ‘tujuan bekerja di perusahaan ini’.

Jika pertanyaan tersebut dilontarkan, apa jawaban yang akan Anda utarakan untuk meyakinkan HRD dan mau menerima Anda sebagai karyawannya? Di sini kita akan membahas selengkapnya untuk Anda!

Ketahui Dulu Tujuan Perusahaan Melalui HRD Bertanya

Apa tujuan perusahaan bertanya ‘tujuan Anda bekerja di perusahaan ini’ sebenarnya?

Ketika berada dalam fase seleksi karyawan, hal tersebut memang menjadi suatu pertanyaan lumrah yang dilontarkan oleh penyeleksi atau biasanya tim HRD suatu perusahaan kepada calon karyawan. Hal tersebut sebenarnya ditanyakan karena perusahaan ingin tahu kesiapan calon karyawannya dalam menghadapi wawancara serta apa yang ingin dilakukan oleh calon karyawan tersebut jika diterima kerja di perusahaan yang dilamar.

Jadi, menjawab pertanyaan tersebut, tunjukkan dirimu dan do your best!

7 Cara Menjawab Pertanyaan Tujuan Bekerja di Perusahaan Ini

Jawaban apa saja yang Anda bisa tunjukkan ketika menerima pertanyaan ‘tujuan bekerja di perusahaan ini?’

Jawaban 1 : saya ingin mengamalkan ilmu yang sudah saya miliki karena sesuai dengan posisi saya melamar

Jawaban pertama yang Anda bisa utarakan adalah tentang background pendidikan Anda. Tak masalah untuk menjabarkan background pendidikan Anda karena mungkin hal tersebut bisa menjadi salah satu pertimbangan HRD menerima Anda.

Jawaban 2 : membantu perusahaan mencapai tujuannya

Sebelum wawancara, pastikan untuk Anda mengumpulkan informasi tentang perusahaan yang Anda lamar. Cari tahu apa saja produknya, bagaimana mereka ingin memasarkan produknya, sampai dengan tujuan jangka pendek dan jangka panjang perusahaan tersebut.

Hal itu akan membantu Anda untuk tahu tujuan perusahaan dan bisa menjawab dengan melontarkan jawaban ke-2 ini.

Jawaban 3 : perusahaan memberikan manfaat sesuai yang saya inginkan

Tak masalah jika Anda mengutarakan bahwa maksud Anda bekerja di sana adalah untuk memberikan manfaat sesuai yang diinginkan diri Anda sendiri. Toh tujuan orang bekerja memang untuk mendapatkan penghasilan bukan?

Namun jawab dengan cara yang lebih akademis, contohnya :

“Tujuan saya bekerja di sini adalah karena setelah saya pelajari perusahaan ini mampu memberikan manfaat sesuai yang saya impikan. Selain itu, kualifikasi yang saya lamar sesuai dengan pengalaman kerja saya sebelumnya dan sesuai juga dengan kemampuan saya sehingga saya yakin bisa berkontribusi banyak untuk perusahaan ini”.

Terkesan sebagai jawaban yang meyakinkan bukan?

Jawaban 4 : mendapatkan lingkungan kerja yang baru

Anda juga bisa menjawab tentang keinginan Anda untuk mendapatkan lingkungan kerja yang baru, lingkungan kerja yang lebih nyaman dan kondusif misalnya.

Jawaban 5 : menjadi bagian yang berkontribusi dalam perkembangan dan kemajuan perusahaan

Tak ada salahnya mempromosikan kemampuan Anda bagi perusahaan. Misalnya dengan menjawab,

“Saya mendapatkan informasi bahwa perusahaan ini sedang berencana mengekspansi produknya ke luar negeri. Dengan bekal pendidikan dan pengalaman kerja saya sebelumnya di bidang pemasaran, kemampuan berbahasa Inggris dan Mandarin yang baik, saya mampu keterampilan saya tersebut bisa mendatangkan keuntungan besar bagi perusahaan ini.”

Jawaban 6 : visi misi perusahaan selaras dengan visi misi saya

Jawab dengan menjabarkan apa yang menjadi visi misi Anda dan apa yang menjadi visi misi perusahaan. Tunjukkan bahwa visi misi Anda dan perusahaan selaras sehingga bisa berkesesuaian.

Jawaban 7 : membantu perusahaan mempertahankan reputasinya

Dengan mencari informasi terkait perusahaan sebelum Anda interview, hal tersebut tentu membantu Anda tahu bagaimana reputasi perusahaan.

Anda bisa menjawab,

“PT (nama perusahaan) memiliki reputasi yang baik, dikenal secara internasional untuk produk (nama produk). Berdasarkan penelusuran yang saya lakukan, saya yakin dapat memberikan kontribusi positif ke lingkungan kerja dan mampu membantu perusahaan mempertahankan reputasi baiknya baik secara nasional atau internasional. Jika diberi kesempatan untuk bergabung, saya akan membuktikannya”.

Selain pertanyaan tentang tujuan bekerja di perusahaan ini, rata – rata HRD juga akan mempertanyakan beberapa hal lain seperti ‘kenapa saya harus memilih Anda’ atau ‘mengapa perusahaan harus menerima Anda’.

Nah, bagaimana menjawab pertanyaan seperti itu?

Baca : 7 Cara Menjawab Pertanyaan Kenapa Saya Harus Memilih Anda [Teruji]

Baca juga : Strategi Tepat Menjawab Pertanyaan HRD ‘Mengapa Perusahaan Harus Menerima Anda?’

Itulah sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait 7 cara menjawab pertanyaan tujuan bekerja di perusahaan ini yang meyakinkan. Selamat bersiap – siap!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *