Apa Itu Talent Management System? Fungsi dan Kelebihannya

by -264 views
Talent management system adalah

Kalau bicara tentang pekerjaan HRD, pekerjaan HRD sangat banyak sebenarnya. Salah satu yang harus dilakukan yaitu berkaitan dengan talent management system. Talent management system adalah salah satu hal penting dalam program recruitment karyawan yang menjadi tugas HRD dan harus dipastikan berjalan dengan baik.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan Talent Management System itu sendiri dan apa fungsi serta kelebihan dari dikembangkannya program Talent Management ini di sebuah perusahaan? Di sini kita akan membahasnya.

Talent Management System Adalah

Talent management system adalah suatu proses manajemen sumber daya manusia untuk mendapatkan kualitas SDM terbaik bagi kepentingan kemajuan sebuah perusahaan.

Tidak hanya suatu produk yang penting dipikirkan sebuah perusahaan, SDM yang bekerja untuk sebuah perusahaan juga harus dipastikan yang terbaik karena jika tidak tentu perusahaan akan sulit berkembang dan kalah saing dengan lainnya.

Dalam proses mendapatkan SDM terbaik dengan Talent Management System, ada beberapa proses yang dilalui yaitu proses recruitment, development dan maintaince.

Fungsi Talent Management System sendiri cukup banyak dan berkontribusi besar terhadap perkembangan suatu usaha atau perusahaan, apa saja fungsinya?

Fungsi Talent Management System

1. Memastikan proses recruitment benar dan lancar

Talent Management System yang dibangun hadir untuk membantu proses recruitment karyawan baru berjalan lancar. Jika proses recruitment berjalan lancar, harapan perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang sesuai kebutuhan dapat berjalan lancar.

2. Sebagai program pengembangan karyawan

Meski karyawan sudah menemukan karyawan terbaik yang bekerja di perusahaan di antara sekian banyak kandidat lainnya, namun perusahaan tetap harus mampu mengelola dan mengembangkan talenta karyawannya.

Karena itu Talent Management System ini diperlukan untuk membantu perusahaan mengembangkan talenta karyawannya. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan dalam proses pengembangan talenta karyawan. Apa saja? Baca : 4 Metode Pengembangan Karyawan Terefektif

3. Mempertahankan karyawan

Sebuah sistem manajemen talent yang dilakukan perusahaan akan memudahkan untuk mengumpulkan suatu informasi dari seluruh aktivitas produktivitas di sebuah perusahaan.

Melalui proses ini, perusahaan dapat memonitor dan mengevaluasi secara langsung bagaimana karyawan bekerja, bagaimana kontribusinya dan sekaligus bisa membantu perusahaan lebih tepat membuat suatu keputusan dipertahankan atau tidaknya seorang karyawan.

4. Meningkatkan interaksi antara karyawan dengan manajer

Fungsi lain dari Talent Management System adalah meningkatkan interaksi antara karyawan dengan manajer perusahaan.

Biasanya manajer perusahaan lebih tertarik untuk berinteraksi dengan karyawan yang berprestasi. Adanya informasi dari manajemen talent tersebut tentu dapat menjadi bahan bagi manajer mengulik lebih jauh tentang karyawan berprestasi tersebut.

Interaksi ini juga diperlukan untuk mendorong karyawan berprestasi dalam sebuah perusahaan agar dapat berkontribusi bagi sebuah perusahaan.

5. Menciptakan komunikasi yang efektif antar tim

Kerja sama antar tim di dalam perusahaan sangat diperlukan untuk mencapai target yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Jangan sampai tujuan perusahaan tidak tercapai karena tidak adanya komunikasi yang baik antar individu dengan tim yang telah dibentuk. Dengan adanya manajemen talent tersebut, perusahaan dapat memastikan tidak ada miskomunikasi antar karyawan atau antara karyawan dengan perusahaan sehingga produktivitas karyawan dapat dijaga.

Kelebihan Talent Management System

Melalui serangkaian proses Talent Management System, kegiatan ini bagi sebuah perusahaan memiliki beberapa kelebihan di antaranya :

  • Meminimalisir potensi karyawan bekerja sesukanya karena pekerjaan yang dijalani tidak sesuai bidang dan minatnya
  • Membantu karyawan mendapatkan penempatan kerja sesuai kapasitas, skill dan kapabilitasnya
  • Meminimalisir terbuangnya anggaran karena terlalu banyak karyawan yang mengerjakan hal yang sama
  • Memaksimalkan penggunaan tenaga karyawan di sebuah perusahaan
  • Mendapatkan karyawan terbaik yang sesuai kebutuhan perusahaan

Informasi lainnya yang terkait dengan karyawan, baca : Contoh Pengembangan Karier di Perusahaan untuk Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Itulah informasi yang kami dapat bagikan kali ini terkait apa yang dimaksud dengan talent management system dan fungsi serta kelebihannya. Jadi talent management system adalah hal penting bagi perusahaan sehingga suatu perusahaan tidak boleh skip hal ini untuk mendapatkan karyawan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *